4/12/2013

OPTIMASI PADA INSTALASI KOMPUTER

| 4/12/2013 | 0 comments




A.     Landasan Teori

Optimasi secara umum adalah untuk memaksimalkan atau mengoptimalkan sesuatu hal yang bertujuan untuk mengelola sesuatu yang dikerjakan, sehingga optimasi bisa dikatakan kata benda yang berasal dari kata kerja, dan optimasi bisa dianggap baik sebagai ilmu pengetahuan dan seni menurut tujuan yang ingin dimaksimalkan.

Ilmu pengetahuan adalah teknik optimasi, seni adalah menentukan di mana dan kapan optimasi harus diterapkan. Menurut definisi, optimasi adalah "proses produksi lebih efisien (lebih kecil dan / atau lebih cepat) program melalui seleksi dan desain struktur data, algoritma, dan urutan instruksi dan lain-lainnya. Optimasi itu artinya membuat sesuatu sebagus mungkin.atatu paling maksimal. Dengan optimasi pada sebuah sistem kita akan bisa berhemat dalam segala hal antara lain energi, keuangan, sumber daya alam, kerja dan lain-lain, tanpa mengurangi fungsi sistem tersebut.

Optimasi pada komputer berarti memaksimalkan kinerja komputer agar memperoleh suatu hal yang maksimal tetapi dengan tidak terlalu banyak efek samping (error) saat dioptimasi. Kinerja komputer akan maksimal dan pengguna juga nyaman menggunakannya.


B.     Praktikum

Optimasi booting pada komputer menggunakan  msconfig pada windows7 .
Buka msconfig melelui Run.


Setelah msconfig dibuka terdapat menu – menu seperti : General, Boot, Services, Startup, Tools. Berikut langkah – langkahnya :
1.      Pada menu General pilih Diagnostic startup
2.      Boot, klik Advanced options... , centang Number of processor pilih angka yang paling tinggi. Centang juga pada Maximum memory, klik ok
3.      Services, hapus centang pada apikasi – aplikasi yang tidak / jarang digunakan
4.      Strartup, hapus centang pada startup item yang tidak diperlukan saat menyalakan komputer
5.      Kalau sudah semua sudah selesai, apply dan ok
6.      Selesai restart komputer

C.     Kesimpulan

Optimasi berasal dari bahasa inggris (optimization), kata benda yang berasal dari kata kerja (optimize). Kata kerja optimize berasal dari kata sifat (optimal). Bentukan kata optimal dengan imbuhan ize akan membuat al pada optimal dipenggal sehingga hasilnya adalah optimize.

Optimasi secara umum adalah untuk memaksimalkan atau mengoptimalkan sesuatu hal yang bertujuan untuk mengelola sesuatu yang dikerjakan, sehingga optimasi bisa dikatakan kata benda yang berasal dari kata kerja, dan optimasi bisa dianggap baik sebagai ilmu pengetahuan dan seni menurut tujuan yang ingin dimaksimalkan. Optimasi pada komputer bisa dilakukan pada bagan apapun, misalnya Optimasi BOOTING, Optimasi r CPU (Processor), Optimasi Bateray (pada Laptop), Optimasi Suara, Optimasi tampilan, dan lain sebagainya. Optimasi harus sesuai dengan keinginan dan tidak merugikan, bila merugikan berarti itu bukan optimasi.

ok, Sekarang kita sudah selesai dalam perakitan sampai instalasi komputer. Untuk mengetahui apakah komputer tersebut sudah sesuai dengan keinginan kita maka kita perlu adakan proses TROUBLESHOTING. disini akan saya jelaskan bagai mana cara untuk troubleshotingnya. langsung saja kilik BAB IX TROUBLESHOOTING



0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2012 Decision One, move to DiJava on 16 May 2012 | Template by o-om.com | Cewek Jogja