4/12/2013

APLIKASI UNTUK INSTALASI KOMPUTER

| 4/12/2013 | 0 comments


A.     Landasan Teori
Aplikasi berasal dari kata application yang artinya penerapan, lamaran, penggunaan. Secara istilah aplikasi adalah: program siap pakai yang direka untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain dan dapat digunakan oleh sasaran yang dituju.

Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

Berikut definisi aplikasi menurut para ahlinya :
1.      Hendrayudi, Aplikasi adalah kumpulan perintah program yang dibuat untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu (khusus).
2.      Puntodewo & Deewi S., Aplikasi adalah direktori yang berisi file-file data yang disediakan untuk digunakan dalam proses aplikasi.
3.      Harip Santoso, Aplikasi adalah suatu kelompok file (form, class, report) yang bertujuan untuk melakukan aktivitas tertentu yang saling terkait, misalnya aplikasi payroll, aplikasi fixed asset, dll.
4.      Hengky W. Pramana, Aplikasi adalah satu unit perangkat lunak yang dibuat untuk melayani kebutuhan akan beberapa aktivitas seperti sistem perniagaan, game, pelayanan masyarakat, periklanan, atau semua proses yang hampir dilakukan manusia.

Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.

B.     Praktikum

Disini akan dijelaskan salah satu contoh aplikasi yaitu Microsoft Office 2007. Microsoft Office terdiri dari Microsoft Word, Microsoft Excel, & Microsoft PowerPoint. Microsoft Office merupakan suatu aplikasi yang dsediakan oleh Sistem Operasi Windows.

1.      Microsoft Word (MS Word)
Aplikasi ini digunakan untuk membuat lembar kerja, tulisan, makalah,laporan, dll (yang berhubungan dengan tulisan). Aplikasi ini memiliki berbagai menu diantaranya : Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View.

MS Word

2.      Microsoft Excel (MS Excel)
Aplikasi ini digunakan untuk admistrasi, menghitung, dll (yang berhubungan dengan angka). Aplikasi ini memiliki menu – menu antara lain : Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View. Pada MS Excel terdapat baris dan kolom.

MS Excel
3.      Microsoft PowerPoint (MS PowerPoint)
Aplikasi ini digunakan untuk membuat suatu materi yang akan dipresentasikan dihadapan banyak orang atau simplenya aplikasi untuk presentasi.  Menu – menu yang terdapat pada MS PowerPoint : Home,  Insert, Design, Animations, SlideShow, Review, View.

MS PowerPoint


C.     Kesimpulan

Aplikasi adalah satu unit perangkat lunak yang dibuat untuk melayani kebutuhan akan beberapa aktivitas seperti sistem perniagaan, game, pelayanan masyarakat, periklanan, atau semua proses yang hampir dilakukan manusia. Aplikasi berasal dari kata application yang artinya penerapan, lamaran, penggunaan. Secara istilah aplikasi adalah: program siap pakai yang direka untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain dan dapat digunakan oleh sasaran yang dituju. Aplikasi merupakan program yang digunakan untuk eksekusi / menyelesaikan tugas / pekerjaan dari user.

Untuk melengkapi aplikasi-aplikasi komputer anda, anda bisa menambahkan untuk Aplikasi TOOLS, yang bisa langsung anda buka disini BAB VII TOOLS


0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2012 Decision One, move to DiJava on 16 May 2012 | Template by o-om.com | Cewek Jogja