4/09/2013

Pengertian Dan Pembahasan Tentang HARDWARE KOMPUTER Secara Komplit

| 4/09/2013 | 0 comments


BAB II
HARDWARE

A.     Landasan teori

Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1.      input divice (unit masukan)
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.



2.      Process device (unit Pemrosesan)
yaitu perangkat yang dipergunakan untuk mengolah data menjadi informasi yang dibutuhkan. Yang termasuk perangkat pengolah data ini adalah mikroprosesor.

3.      Output device (unit keluaran)
yaitu perangkat yang digunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan (informasi). Contoh dari perangkat keluaran yaitu Speaker, Monitor, Printer, dan sebagainya.
4.      Backing Storage ( unit penyimpanan)
yaitu perangkat yang digunakan untuk menyimpan data baik yang sudah diproses maupun yang belum proses. Backing Storage ini terbagi lagi menjadi 2 bagian yaitu internal dan eksternal. Bagian internalnya meliputi RAM dan ROM, sedangkan bagian eksternalnya meliputi Harddisk, Floopy Drive, CD ROM, Flash Disk, dan sebagainya.
5.      Periferal ( unit tambahan)
yaitu perangkat tambahan atau pelengkap untuk mengoptimalkan kinerja komputer. Contohnya TV Tuner Card, Modem, Capture Card dan lain-lain.
Berikut beberapa contoh Hardware (perangkat keras) :

1)      Input device
a.       Keyboard, berfungsi untuk menginput data berupa karakter dan juga sebagai media untuk melakukan berbagai perintah yang diinginkan user. Jenis keyboard ada 3 yaitu QWERTY, DVORAK, dan KLOCKENBERG.
Keyboard

b.      Mouse, berfungsi sebagai alat perpindahan kursor atau pointer secara cepat dan  juga dapat digunakan sebagai media perintah praktis dan cepat dibanding  keyboard.

Mouse

2.      Process device
a.       Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU merupakan otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Processor (intel)

3.      Output device
a.       Monitor, berfungsi sebagai alat yang mampu menampilkan teks atau gambar baik yang sedang diproses maupun yang telah diproses.

Monitor
b.      Printer, merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya.

Printer

4.      Backing Storage
a.       Harddisk, berfungsi sebagai alat penyimpan sistem operasi yang permanen yang dapat menyimpan data dalam kapasitas yang besar.

Harddisk

5.      Periferal
a.       Modem, pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus.
 modem


Selanjutnya proses instalasi hardware lihat artikel ini PRAKTIKUM INSTALASI HARDWARE KOMPUTER


0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2012 Decision One, move to DiJava on 16 May 2012 | Template by o-om.com | Cewek Jogja