6/28/2013

APLIKASI PADA JARINGAN KOMPUTER

| 6/28/2013 | 0 comments
A.     Teori
Aplikasi Berbasis Web adalah sebuah aplikasi yang dapat diakses melalui internet, dan pada sekarang ini ternyata lebih banyak dan lebih luas dalam pemakaiannya. Aplikasi Berbasis Web dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan yang berbeda. Salah satu keunggulan kompetitif dari Aplikasi Berbasis Web adalah bahwa aplikasi tersebut ‘ringan’ dan dapat diakses dengan cepat melalui browser dan koneksi internet atau intranet ke server. Ini berarti bahwa pengguna dapat mengakses data atau informasi perusahaan mereka melalui laptop, smartphone, atau bahkan komputer PC di rumah mereka dengan mudah, tidak seperti aplikasi-aplikasi desktop di mana pengguna harus menginstal perangkat lunak atau aplikasi yang diperlukan hanya untuk mengakses data / informasi.
Tak dapat dipungkiri lagi bahwa dalam jangka waktu yang relatif singkat, Internet dan World Wide Web (biasa disebut dengan Web) telah berkembang dengan sangat pesat sehingga dapat melampaui kecepatan perkembangan teknologi lainnya di dunia. Internet dan Web juga berkembang pesat dalam hal jangkauan dan luas bidang kegunaan yang secara nyata mempengaruhi beberapa aspek kehidupan.
Aplikasi internet merupakan suatu jenis aplikasi yang menerapkan arsitektur sistem terdistribusi dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi antar komponennya. Karakteristik aplikasi berbasis Internet menggunakan protokol aplikasi yang sudah ada atau mendefinisikan protokol sendiri, Aplikasi di sisi server berkomunikasi langsung dengan client. Aplikasi di sisi client dapat berupa aplikasi yang berdiri sendiri atau ditempelkan dalam aplikasi lain. Aplikasi berbasis Web ini menggunakan protokol HTTP, Aplikasi di sisi server berkomunikasi dengan client melalui Web server. Aplikasi di sisi client umumnya berupa Web browser jadi, Aplikasi berbasis Web (client/server-side script) berjalan di atas Aplikasi berbasis Internet.
Walaupun rekayasa Web banyak mengadopsi prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak, rekayasa Web memiliki banyak pendekatan, metoda, alat bantu, teknik dan panduan yang memenuhi persyaratan pembuatan sistem berbasis Web. Web engineering (rekayasa Web) adalah suatu proses yang digunakan untuk menciptakan suatu sistem aplikasi berbasis Web dengan menggunakan ilmu rekayasa, prinsip-prinsip manajemen dan pendekatan sistematis sehingga dapat diperoleh sistem dan aplikasi Web dengan kualitas tinggi. Tujuannya untuk mengendalikan pengembangan, minimalisasi resiko dan meningkatkan kualitas sistem berbasis Web. 
Kelebihan menggunakan Aplikasi berbasis Web, sbb :
·         Dapat diakses kapanpun dan dimanapun selama ada internet
·         Dapat diakses dengan menggunakan Web Browser (umumnya sudah tersedia di PC, PDA & Handphone terbaru) jadi tdk perlu mengistall aplikasi client khusus)
Kekurangan menggunakan Aplikasi berbasis Web, sbb :
·         Antarmuka yang dapat dibuat terbatas sesuai spesifikasi standar untuk membuat dokumen Web dan keterbatasan kemampuan Web browser untuk menampilkannya
·         Terbatasnya kecepatan internet mungkin membuat respon aplikasi menjadi lambat.
·         Tingkat keamanan yang lebih rentang untuk diakses oleh orang lain atau pihak yang tidak berhak.
Beberapa Contoh Aplikasi Internet :
Ø  World Wide Web (WWW)
WWW adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web dibuat dengan menggunakan format HTML.
Ø  E-Mail
E-Mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Adapun situs yang memberikan layanan e-mail seperti yahoo!, Gmail, bolehmail dan masih banyak lagi.
Ø  Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Biasanya, anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topik-topik tertentu.
Ø  Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan jika kita mempunyai IP Address dengan User ID and Password ke komputer tersebut.

B.      Praktikum
Contoh – contoh aplikasi pada internet memang sangat banyak, disini akan dijelaskan  1 saja yaitu E- mail (Electronic Mail). aplikasi internet yang satu ini mungkin tidak asing lagi kita dengar karena aplikasi ini fungsinya sebagai untuk sarana komunikasi antara yang satu dengan yang lainnya yang berupa file dokumen atau surat, gambar atau foto yang langsung dikirim ke pemiliknya dengan biaya yang murah waktu yang singkat akan tetapi untuk menikmati fasilitas ini kita harus berkunjung ke situs penyedia E-mail tersebut contohnya fasilitas yahooo, Google terkenal dengan GMail dan masih banyak yang lainnya tergantung minat yang kita sukai.
Membuat E-mail di yahoo. Buka situs yahoo (www.yahoo.com). Setelah terbuka cari tulisan sign up (untuk mendaftar) jangan sign in (ini untuk masuk, bagi yang sudah punya akun). Tuliskan data – data yang diinginkan yahoo, setelah itu klik Create My Account (dalam bahas indonesia Buat Account Saya). Setelah itu diverifikasi. Account yahoo telah jadi.
  


C.      Kesimpulan

Aplikasi internet merupakan suatu jenis aplikasi yang menerapkan arsitektur sistem terdistribusi dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi antar komponennya. Karakteristik aplikasi berbasis Internet menggunakan protokol aplikasi yang sudah ada atau mendefinisikan protokol sendiri, Aplikasi di sisi server berkomunikasi langsung dengan client. Aplikasi di sisi client dapat berupa aplikasi yang berdiri sendiri atau ditempelkan dalam aplikasi lain. Aplikasi berbasis Web ini menggunakan protokol HTTP, Aplikasi di sisi server berkomunikasi dengan client melalui Web server. Beberapa contoh aplikasi internet : WWW, E-Mail, Newsgroup, Interenet Relay Chat, Gopher, Ping, File transfer protokol, dll.


0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2012 Decision One, move to DiJava on 16 May 2012 | Template by o-om.com | Cewek Jogja