5/23/2013

Pengertian Dan Pembahasan Tentang NIRKABEL

| 5/23/2013 | 0 comments

BAB 2
Nirkabel



A.     Teori
Wireless atau dalam bahasa indonesia disebut nirkabel, adalah teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data tanpa media kabel. Data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu (seperti teknologi infra merah pada remote TV) atau gelombang radio (seperti bluetooth pada komputer dan ponsel) dengan frekuensi tertentu. Nirkabel termasuk kedalam jenis jaringan media tidak terarah (Un-Guided). Un-Guided merupakan suatu media yang di gunakan untuk mengirimkan data, dimana arah ujung yang satu dengan ujung yang lainnya tersebar. Komunikasi ini mengirimkan sinyal ke udara berdasarkan spektrum elektromagnetik. 
Kelebihan teknologi ini adalah mengeliminasi penggunaan kabel, yang bisa cukup menganggu secara estetika, dan juga kerumitan instalasi untuk menghubungkan lebih dari 2 piranti bersamaan. Misalnya: untuk menghubungkan sebuah 1 komputer server dengan 100 komputer client, dibutuhkan minimal 100 buah kabel, dengan panjang bervariasi sesuai jarak komputer klien dari server. Jika kabel2 ini tidak melalui jalur khusus yang ditutupi (seperti cable tray atau conduit), hal ini dapat mengganggu pemandangan mata atau interior suatu bangunan. Pemandangan seperti ini tidak ditemui pada hubungan antar piranti berteknologi nirkabel.
Kekurangan dari teknologi ini adalah adanya kemungkinan interferensi terhadap sesama hubungan nirkabel pada piranti lainnya.
Beberapa comtoh penerapan jaringan menggunakan Un-Guide media / khusunya jaringan nirkabel : menggunakan gelombang inframerah & milimeter, transmisi gelombang cahaya, komunikasi satelit, teknologi waveLAN, transmisi  radio, dan masih banyak contoh – contoh yang lainnya.
Disini akan dijelaskan salah satu contoh saja, yaitu Transmisi Radio. Jaringan radio mudah untuk dibuat, karena dapat menyebar ke berbagai arah dengan jarak yang jauh. Krena itu gelombang radio digunakan untuk suatu jaringan, baik di dalam ruangan ataupun luar ruangan. Sifat gelombang radio tergantung pada frekuensi. Pada saat ini teknologi komunikasi radio sudah sangat pesat perkembangannya, khususnya penggunaan wireless-LAN yang semakin populer. Untuk mengirimkan data menggunakan komunikasi radio ada beberapa cara yaitu :
1.       Memancarkan langsung, sesuai dengan permukaan bumi
2.       Dipantulkan melalui lapisan atmosfir

             Berdasarkan data diatas, frekuensi gelombang radio yang dapat digunakan untuk jaringan area lokal nirkabel adalah sebagai berikut :
Frekuensi
Rentang Frekuensi
900 MHz
902 – 928 MHz
2,4 GHz
2400 GHz – 2483 GHz
5 GHz
5150 – 2350 GHz, 5752 – 5825 GHz

             Sekalipun berdasarkan tabel ini, frekuensi – ferekuensi tersebut merupakan frekuensi bebas, namun dimasing – masing negara implementasinya akan mengikuti aturan m asing – masing negara. Seperti di Indonesia implementasi wLAN menggunakan frekuensi 2,4 GHz. Berdasarkan IEE, wLAN didefinisikan pada standar 802.11. Berikut merupakan tabel standar IEE 802.11 wLAN :
Keterangan
802.11a
802.11b
802.11g
802.11n
Tahun Ratifikasi
1999
1999
2003
2011
Frekuensi
5
2,4
2,4
2,4 / 5
Jumlah Kanal Tidak Berlinggungan
s.d. 23
3 (Kanal 1, 6, 11)
3 (Kanal 1, 6, 11)
3/ s.d. 23
Transmisi
OFDM (Orthogonal Frequency-Division Multiplexing)
DSSS (Direct Sequence Spread Spectrum)
DSSS, OFDM
OFDM
Kecepatan Maksimal (Mbps)
54
11
11,54
600

Standar WLAN 802.11 mendukung dua topologi berikut :
1.       Mode Ad hoc, klien nirkabel terhubung langsung dengan klien nirkabel lainnya tanpa titik akses
2.        Mode Infrastruktur, klien-klien nirkabel terhubung melalui titik akses. Dua istilah untuk mode infrastruktur yang dapat diimplementasikan adalah Basic Service Set (BSS) jika menggunakan satu titik akses dan Extended Service Set (ESS) jika menggunakan titik akses lebih dari satu yang dikonfigurasi dengan SSID yang sama dan mengaktifkan fitur roaming

B.      Praktikum
Alat – Alat yang digunakan :
-          2 Laptop / Lebih (salah atu menjadi server) atau PC yang ada network adapternya
-          OS windows 7
Cara membuat server / jaringan baru nirkabel :
-          Klik open network and sharing centre  
-          Pilih set up new connection or network (untuk membuat jaringan baru)
-          Pilih Set up a wireless ad hoc (computer to computer) network
-          Terus Next
-          Beri nama pada kolom Network name sesuai dengan keinginan, untuk Security tpe bisa di pilih WPA2-Personal/WEP (jika ingin menggunakan password) dan No authentication (Open) pilihan ini untuk yang ingin tanpa password
-          Klik Next, untuk melanjutkan
-          Finish
Siap untuk digunakan, tinggal menunggu client – client yang akan masuk ke jaringan yang telah dibuat.

C.      Kesimpulan
Nirkabel / wireless merupakan suatu jaringan yang bertipe Un-Guided (jaringan media tidak terarah). Dengan menggunakan jaringan jenis ini kita tidak memerlukan kabel yang lebih rumit karena nirkabel / wi-fi lebih mudah digunakan. Berikut beberapa contoh jaringan nirkabel : menggunakan gelombang inframerah & milimeter, transmisi gelombang cahaya, komunikasi satelit, teknologi waveLAN, transmisi  radio, dan lain – lain.


0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2012 Decision One, move to DiJava on 16 May 2012 | Template by o-om.com | Cewek Jogja