C. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN
1. SEKOLAH DASAR (SD)/ MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
a. Pendidikan Agama Islam
SD/MI
1.
Menyebutkan,
menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, mulai
surat Al-Fatihah sampai surat Al-‘Alaq
2.
Mengenal dan
meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha
dan Qadar
3.
Berperilaku terpuji
dalam kehidupan sehari-hari serta
menghindari perilaku tercela
4.
Mengenal dan
melaksanakan rukun Islam mulai dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta
mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji
5.
Menceritakan kisah
nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan kisah
tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan nabi
b. Pendidikan Agama Kristen
SD
1.
Memahami kasih Allah melalui keberadaan dirinya
2.
Menanggapi kasih Allah dengan mengasihi orangtua,
keluarga dan teman
3.
Beribadah kepada Tuhan sebagai ucapan syukur melalui doa
dan membaca Alkitab
4.
Memelihara ciptaan Allah lainnya dalam hidup sehari-hari
c. Pendidikan Agama Katolik
SD
1.
Peserta didik menguraikan pemahaman tentang pribadinya
sebagai karunia Tuhan dan mengungkapkan rasa syukurnya dengan berdoa, bernyanyi
serta melakukan perbuatan-perbuatan nyata
2. Peserta didik memahami dan mencintai Allah sebagai
Bapa Pencipta dan Penyelenggara seperti dikisahkan Kitab Suci Perjanjian Lama
dan Perjanjian Baru dan meneladani Yesus
Kristus sebagai Penyelamat hidup umat manusia.
3. Peserta didik memahami Gereja sebagai persekutuan
Umat Allah dan sebagai Sakramen keselamatan yang diutus ke dalam dunia dan Roh
Kudus yang diutus Yesus sebagai jiwa Gereja yang senantiasa menyertainya.
4. Peserta didik memahami hidup beriman yang terlibat
dalam masyarakat sebagai perwujudan
imannya.
d. Pendidikan Agama Hindu
SD
1.
Meyakini kemahakuasaan Sang Hyang Widhi (Tuhan) sebagai
Maha Pencipta, Tri Murti, Tri Purusa dan Cadhu Sakti
2.
Memahami ajaran Panca Sradha dan Tri Sarira
3.
Memahami ajaran Susila yang meliputi: Tri Kaya Parisudha,
Tri Mala, Catur Paramita, Tri Parartha, Panca Yama, Panca Nyama Bratha, Catur
Guru, Dasa Yama dan Dasa Nyama Bratha dalam kehidupan sehari-hari
4.
Mendemonstrasikan pemahaman sikap-sikap sembahyang Tri
Sandhya dan sarana sembahyang
5.
Menerapkan Panca Yadnya secara Nitya Karma dan Naimitika
Karma dalam kehidupan sehari-hari
6.
Memahami Weda sebagai kitab suci dan wahyu Sang Hyang
Widhi (Tuhan)
7.
Memahami orang suci agama Hindu dan tugas dan kewajiban
orang suci
8.
Memahami hari-hari suci keagamaan dan dasar-dasar hari
suci (Wariga)
9.
Mengenal pemimpin yang baik dan patut diteladani di
wilayahnya
10.
Memahami Bhuana Agung dan Bhuana Alit
11.
Memahami tari-tari Keagamaan, lagu-lagu kerohanian
(Yadnya), dan sejarah perkembangan Hindu sebelum dan sesudah kemerdekaan
e. Pendidikan Agama Buddha
SD
1.
Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tri Ratna dengan
mengetahui fungsi serta terefleksi dalam moralitas (sila), meditasi (samadhi),
dan kebijaksanaan (panna)
2.
Memiliki kemampuan dasar untuk memahami dan meyakini
agamanya serta menerapkannya dalam bertutur, berbuat dan berperilaku
3.
Membaca Paritta dan Dhammapada serta mengerti artinya
4.
Beribadah (kebaktian) dengan baik dan benar sesuai dengan
tuntunan masing-masing aliran
5.
Meneladani sifat, sikap dan kepribadian Buddha,
Bodhisattva, dan para siswa utama Buddha
6.
Memiliki kemampuan dasar berpikir logis, kritis, dan
kreatif untuk memecahkan masalah
7.
Memahami sejarah kehidupan Buddha Gotama
8.
Memahami lambang-lambang agama Buddha
9.
Memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan untuk
melanjutkan pendidikan di SMP
f. Pendidikan Kewarganegaraan
SD/MI
1. Menerapkan hidup rukun
dalam perbedaan
2. Memahami dan menerapkan
hidup rukun di rumah dan di sekolah
3. Memahami kewajiban
sebagai warga dalam keluarga dan sekolah
4. Memahami hidup tertib
dan gotong royong
5. Menampilkan sikap
cinta lingkungan dan demokratis
6. Menampilkan perilaku
jujur, disiplin, senang bekerja dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari,
sesuai dengan nilai-nilai pancasila
7. Memahami sistem
pemerintahan, baik pada tingkat daerah maupun pusat
8. Memahami makna
keutuhan negara kesatuan Republik iIndonesia, dengan kepatuhan terhadap
undang-undang, peraturan, kebiasaan, adat istiadat, kebiasaan, dan menghargai
keputusan bersama
9. Memahami dan
menghargai makna nilai-nilai kejuangan bangsa
10. Memahami hubungan Indonesia dengan negara tetangga
dan politik luar negeri
g. Bahasa Indonesia SD/MI
1. Mendengarkan
Memahami
wacana lisan berbentuk perintah,
penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, berita, deskripsi berbagai peristiwa
dan benda di sekitar, serta karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita, drama,
pantun dan cerita rakyat
2.
Berbicara
Menggunakan
wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam
kegiatan perkenalan, tegur sapa, percakapan sederhana, wawancara, percakapan telepon, diskusi,
pidato, deskripsi peristiwa dan benda di sekitar, memberi petunjuk, deklamasi,
cerita, pelaporan hasil pengamatan, pemahaman isi buku dan berbagai karya
sastra untuk anak berbentuk dongeng,
pantun, drama, dan puisi
3. Membaca
Menggunakan
berbagai jenis membaca untuk memahami wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan
berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, percakapan,
cerita, dan drama
4. Menulis
Melakukan
berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog,
formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta berbagai karya
sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, dan pantun
h. Matematika SD/MI
1.
Memahami konsep
bilangan bulat dan pecahan, operasi hitung dan sifat-sifatnya, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
kehidupan sehari-hari
2.
Memahami bangun
datar dan bangun ruang sederhana, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
kehidupan sehari-hari
3.
Memahami konsep
ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, volume, sudut, waktu, kecepatan,
debit, serta mengaplikasikannya dalam
pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
4.
Memahami konsep
koordinat untuk menentukan letak benda dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
5.
Memahami konsep
pengumpulan data, penyajian data dengan tabel, gambar dan grafik (diagram),
mengurutkan data, rentangan data, rerata hitung, modus, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
kehidupan sehari-hari
6.
Memiliki sikap
menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan
7.
Memiliki kemampuan
berpikir logis, kritis, dan kreatif
i. Ilmu Pengetahuan Alam
SD/MI
1.
Melakukan
pengamatan terhadap gejala alam dan menceritakan hasil pengamatannya secara
lisan dan tertulis
2.
Memahami
penggolongan hewan dan tumbuhan, serta manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia, upaya pelestariannya,
dan interaksi antara makhluk hidup
dengan lingkungannya
3.
Memahami bagian-bagian tubuh pada manusia, hewan, dan
tumbuhan, serta fungsinya dan perubahan pada makhluk hidup
4.
Memahami beragam
sifat benda hubungannya dengan penyusunnya, perubahan wujud benda, dan kegunaannya
5.
Memahami berbagai
bentuk energi, perubahan dan manfaatnya
6.
Memahami matahari
sebagai pusat tata surya, kenampakan dan perubahan permukaan bumi, dan hubungan
peristiwa alam dengan kegiatan manusia
j. Ilmu Pengetahuan Sosial
SD/MI
1.
Memahami identitas diri dan keluarga, serta mewujudkan sikap
saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
2.
Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota dalam
keluarga dan lingkungan tetangga, serta kerja sama di antara keduanya
3.
Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku
bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
4.
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan
teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
5.
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah
nasional, keragaman suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
6.
Menghargai peranan tokoh pejuang dalam mempersiapkan dan
mempertahankan kemerdekaan Indonesia
7.
Memahami perkembangan wilayah Indonesia, keadaan sosial
negara di Asia Tenggara serta benua-benua
8.
Mengenal gejala (peristiwa) alam yang terjadi di
Indonesia dan negara tetangga, serta dapat melakukan tindakan dalam menghadapi
bencana alam
9.
Memahami peranan Indonesia di era global
k. Seni Budaya dan
Keterampilan SD/MI
Seni
Rupa
1.
Mengapresiasi dan mengekspresikan keartistikan karya seni
rupa terapan melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam yang ada di daerah
setempat
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan keartistikan karya seni
rupa murni melalui pembuatan relief dari bahan plastisin/tanah liat yang ada di
daerah setempat
3.
Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni
rupa Nusantara dengan motif hias melalui gambar dekoratif dan ilustrasi bertema
hewan, manusia dan kehidupannya serta motif hias dengan teknik batik
4.
Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni
rupa Nusantara dengan motif hias melalui gambar dekoratif dan ilustrasi dengan
tema bebas
5.
Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni
rupa Nusantara melalui pembuatan benda kreatif yang sesuai dengan potensi
daerah setempat
Seni Musik
1.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan
memperhatikan dinamika melalui berbagai ragam lagu daerah dan wajib dengan
iringan alat musik sederhana daerah setempat
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan
ansambel sejenis dan gabungan terhadap berbagai musik/lagu wajib, daerah dan
Nusantara
3.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan
menyanyikan lagu wajib, daerah dan Nusantara dengan memainkan alat musik
sederhana daerah setempat
Seni Tari
1.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan simbol dan keunikan
gerak, busana, dan perlengkapan tari daerah setempat
2.
Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan simbol dan keunikan
gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara
3.
Mengapresiasi dan mengekspresikan perpaduan karya
seni tari dan musik Nusantara
Keterampilan
1.
Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan daerah setempat
dengan teknik konstruksi
2.
Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan dan benda
permainan dengan teknik meronce dan makrame
3.
Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan anyaman dengan
menggunakan berbagai bahan
4.
Mengapresiasi dan membuat karya benda mainan beroda
dengan menggunakan berbagai bahan
l. Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan SD/MI
1.
Mempraktekkan
gerak dasar lari, lompat, dan jalan dalam permainan sederhana serta nilai-nilai
dasar sportivitas seperti kejujuran, kerjasama, dan lain-lain
2.
Mempraktekkan gerak ritmik meliputi senam
pagi, senam kesegaran jasmani (SKJ), dan aerobik
3.
Mempraktekkan gerak ketangkasan seperti
ketangkasan dengan dan tanpa alat, serta senam lantai
4.
Mempraktekkan gerak dasar renang dalam
berbagai gaya serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
5.
Mempraktekkan latihan kebugaran dalam bentuk
meningkatkan daya tahan kekuatan otot, kelenturan serta koordinasi otot
6.
Mempraktekkan berbagai keterampilan gerak
dalam kegiatan penjelajahan di luar sekolah seperti perkemahan, piknik, dan
lain-lain
7.
Memahami
budaya hidup sehat dalam bentuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan,
mengenal makanan sehat, mengenal berbagai penyakit dan pencegahannya serta
menghindarkan diri dari narkoba
m. Bahasa Inggris SD/MI
1.
Mendengarkan
Memahami instruksi, informasi, dan cerita
sangat sederhana yang disampaikan secara lisan dalam konteks kelas, sekolah,
dan lingkungan sekitar
2. Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana
interpersonal dan transaksional sangat sederhana dalam bentuk instruksi dan
informasi dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar
3. Membaca
Membaca nyaring dan memahami makna dalam
instruksi, informasi, teks fungsional pendek, dan teks deskriptif bergambar
sangat sederhana yang disampaikan secara tertulis dalam konteks kelas, sekolah,
dan lingkungan sekitar
4.
Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional
pendek sangat sederhana dengan ejaan dan tanda baca yang tepat
0 comments:
Post a Comment