10/01/2013

Pengertian dan Definisi PSIKOLOGI Secara Umum

| 10/01/2013 | 0 comments


Sebenarnya kenapa tho kita harus belajar PSIKOLOGI???
          Sebelum saya jelaskan tentang pesikologi kita harus tau dulu ilmu tentang psikologi itu apa. Ilmu psikologi adalah suatu ilmu yang digunakan untuk mempelajari tentang JIWA, baik mengenai macam, gejala, proses, maupun latar belakang. Psikologi juga mempelajari tentang perbedaan Nyawa dan Jiwa. Nyawa adalah daya jasmani yang adanya tergantung pada hidup jasmaniah dan menimbulkan hidup badaniah (behavior), Perilaku yaitu perbuatan yang ditimbulkan karena proses belajar. Jiwa adalah daya hidup rokhaniah yang bersifat abstrak, menjadi penggerak dan pengatur bagi perbuatan manusia (personal behavior).
          Pengertian Psikologi secara umum adalah : psikologi mempelajari gejala jiwa manusia yang normal dewasa dan beradab.
          Sedangkan Pengertian Psikologi secara Khusus adalah : psikologi mempelajari sifat khusus dari gejala jiwa manusia (mis: anak, perkembangan, criminal, psikopathologi, psikologi kepribadian), psikologi masa. Dengan cara: Description (menggambarkan), Explanation (penjelasan), Prediction (meramalkan), Controling (pengontrolan/pengendalian) sedang yang menjadi obyek dalam psikologi adalah jiwa.
          Disini akan saya tuliskan beberapa definisi dari para ahli psikolog :

1. Psikologi menyelidiki berbagai panca indra, pengalaman, perasaan, pikiran dan kehendak (W. Wundt,           1892)
2. Psikologi mempelajari semua kesadaran, baik normal maupun abnormal (James Angell, 1910)
3. Psikologi adalah ilmu mental termasuk fenomena yang sering kita sebut sebagai perasaan, keinginan,             kognisi, pikiran, keputusan dsb (William James, 1980)
4. Psikologi merupakan analisis ilmiah mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami             perilaku manusia (Richard Mayer, 1981)
5. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hakekat manusia (Edwin G. Boring dan Herbert S.               Langefeld)
6. Ilmu yang mempelajari respon yang diberikan oleh makhluk hidup terhadap lingkungannya (Garden               Murphy)


Sedikit penjelasan tentang Pengertian dan Definisi Psikologi, semoga bermanfaat bagi kita semua. Untuk lebih lengkapnya ikuti kiriman saya yang selanjutnya.



0 comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2012 Decision One, move to DiJava on 16 May 2012 | Template by o-om.com | Cewek Jogja